Klinik Pengobatan Penyakit Kencing Nanah
Get Adobe Flash player

Kencing nanah merupakan jenis penyakit menular seksual. Bakteri kencing nanah dapat menular ke orang lain melalui kontak langsung seperti berhubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi bakteri penyakit tersebut. Dokter biasanya akan memberikan obat berupa antibiotik. Obat ini berfungsi untuk mematikan bakteri kencing nanah, menghambat penyebarannya, serta mencegah penularannya kepada orang lain hingga penderita dinyatakan sembuh total. Lalu, bagaimana cara mengetahui kencing nanah sembuh total? Berikut penjelasannya.

Ciri Kencing Nanah Sembuh Total

Gejala kencing nanah yang paling umum adalah rasa nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual, dan kemudian ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak normal pada penis atau vagina berupa nanah. Penyakit kencing nanah baru bisa terlihat setelah 2 sampai 5 hari setelah seseorang berhubungan seksual dengan penderita kencing nanah. Dalam menangani penyakit ini, penderita disarankan untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit dan kelamin.

>>> Konsultasi Lebih Lengkap Mengenai Penyakit Kencing Nanah, Klik Disini <<<

Tanda dan Ciri Kencing Nanah Sembuh

  1. Kontrol dan pemeriksaan rutin

Untuk memastikan penyakit kencing nanah sudah sembuh atau belum, maka pasien disarankan untuk melakukan kontrol ulang 1-2 minggu setelah diberikan obat-obatan. Oleh karena itu, penderita kencing nanah wajib mengkonsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dan dosis yang diberikan oleh dokter.

Baca Juga : Obat Kencing Nanah dan Petunjuk Penggunaannya

  • Pemeriksaan uji laboratorium

Uji laboratorium berguna untuk memeriksa apakah masih ada bakteri kencing nanah pada penderita. Pemeriksaan lab sangat penting karena penyakit kencing nanah tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

  • Gejala nyeri saat buang air kecil hilang

Gejala kencing nanah yang paling umum adalah rasa sakit saat penderitanya buang air kecil, hal ini terjadi karena organ reproduksi telah terinfeksi bakteri sehingga menimbulkan rasa nyeri. Apabila rasa nyeri saat buang air kecil sudah menghilang, ini merupakan tanda kencing nanah telah berangsur sembuh.

  • Penis atau vagina sudah tidak mengeluarkan nanah

Keluarnya cairan berupa nanah adalah gejala utama penyakit menular seksual ini. Namun jika setelah pengobatan nanah sudah tidak keluar lagi dari alat kelamin, hal ini juga merupakan pertanda kencing nanah sembuh.

  • Bengkak dan kemerahan pada alat kelamin mereda

Ciri kencing nanah lainnya adalah apabila bengkak dan kemerahan pada penis atau vagina telah berangsur menghilang. Meredanya pembengkakan ini menunjukkan bakteri kencing nanah sudah tidak lagi menginfeksi penderitanya.

  • Intensitas buang air kecil kembali normal

Orang yang terkena kencing nanah akan mengalami keinginan untuk terus buang air kecil karena adanya tekanan pada kandung kemih. Penderita dapat dikatakan sembuh dari penyakit kencing nanah jika intensitas atau frekuensi buang air kecil kembali normal.

Baca Juga : Gejala Kencing Nanah Pada Pria

Apa yang harus di lakukan ketika penderita kencing nanah baru dinyatakan sembuh?

Agar mencegah penularan kepada orang lain atau kemungkinan terinfeksi kembali penyakit yang sama, pasien sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga pengobatan kencing nanah sembuh dan tuntas serta memberi jeda waktu beberapa minggu untuk kembali berhubungan seksual dengan pasangannya.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual kencing nanah adalah dengan melakukan hubungan seksual yang aman, yaitu menggunakan kondom dan tidak berganti – ganti pasangan.

>>> Konsultasi Gratis Mengatasi Penyakit Kencing Nanah, Klik Disini <<<

Categories